Senin, 06 Oktober 2014

Peluang Pasar

Melihat, Membaca, dan Memanfaatkan Peluang Pasar

Peluang Pasar

Peluang Pasar adalah pasar sasaran yang didalamnya terdapat keinginan dan kebutuhan yang ingin dipenuhi. Peluang Pasar dapat dilihat melalui 2 pendekatan yaitu Pendekatan Permintaan (Demand) dan Pendekatan Penawaran (Supply).

a. Hukum Permintaan dan Penawaran
- Apabila harga produk murah maka pembeli akan membeli produk tersebut dengan jumlah yang banyak.
- Apabila harga produk mahal maka pembeli akan membeli produk tersebut dengan jumlah sedikit.
- Untuk itu Wirausaha harap berhati hati dalam menetapkan harga suatu produk.

b. Identifikasi Peluang Pasar
- Mengamati kebutuhan yang banyak diperlukan oleh konsumen.
- Mengetahui kapan konsumen membutuhkan kebutuhan tersebut.
- Memperhatikan karakter konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan maupun pendidikan.
- Mengetahui daya beli konsumen sesuai dengan pendapatannya.
- Memperhatikan apakah pasar banyak pesaing atau tidak.

c. Yang harus diketahui dalam menganalisa peluang pasar
- Potensi pembeli terhadap barang.
- Motivasi konsumen dalam membeli barang.
- Ukuran pasar (jumlah pembeli dalam pasar)
- Sifat-sifat konsumen
- Target pasar spesifik
- Pengaruh pasar eksternal
- Analisa pesaing yang menyangkut pesaing yang ada, pesaing baru yang mungkin masuk serta kekuatan pesaing dan kelemahan pesaing.


Pengertian Pasar
- Sebagai tempat bertemunya penjuan dan pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli produk, baik jasa maupun barang.
- Himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
- Sebagai suatu mekanisme yang terjadi antara penjual dan pembeli.
- Tempat pertemuan antara kekuatan-kekuatan penawaran dan permintatan.
- Pembeli dan penjual tidak harus bertemu disuatu tempat untuk melakukan transaksi tetapi cukup dengan sarana komunikasi (telepon, faksimile, dan internet).

a.      Membaca peluang pasar
Suatu perusahaan perlu menganalisa atau membaca peluang pasar yang dapat dimanfaatkan. Membaca peluang pasar merupakan hal yang penting,karena dengan itu, perusahaan dapat mengetahui apakah produk yang diciptakan mempunyai peluang untuk dipasarkan dan dengan membaca peluang pasar perusahaan juga dapat mengetahui apa yang sedang dibutuhkan oleh konsumen.
Dari mana kita dapat membaca peluang pasar? Peluang pasar bisa kita dapatkan dari berbagai segi kehidupan,seperti segi teknologi, budaya, agama dsb.

Cara membaca peluang pasar perekonomian:
  • Menentukan jenis usaha. Terkadang peluang usaha dilihat baru kemudian jenis usahanya ditentukan. Tetapi terkadang hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Yang artinya, jenis usaha ini adalah jenis usaha bersifat tren, bersifat intuis dan lain sebagainya. Karena jika usaha bersifat tren, maka usaha akan mempunyai prospek yang bagus ke depannya. Jika usaha bersifat intuisi atau obsesi maupun cita-cita, sebaiknya imbuhkan dengan sesuatu yang unik yang berbeda. Pikirkan alternative yang bagus dan unik yang bisa bertahan lama di pasar.

  • Melihat produk. Selain sifat jenis usaha, kita juga harus melihat produk yang akan kita pasarkan. Teliti dan kaji baik-baik karena kita akan mendapatkan keuntungan hanya dari produk yang terjual. Apakah produk akan cepat habis sehingga pelanggan mempunyai traffic atau perputaran omzet yang banyak? Apakah produk lama habisnya tetapi keuntungan besar ketika produk terjual? Teliti lebih lanjut mana yang diinginkan dan mana yang lebih menguntungkan.

  • tentukan target pasar. Jadi seerti yang kita ketahui bahwa produk bisa terjual jika terdapat di pasar yang mana produk yang akan terjual. Tentukan pasar atau daerah yang akan dimasuki, jika memungkinkan kita bisa menargetkan untuk mengekspor produk. hal ini tidaklah mustahil mengingat banyak sekali cara yang bisa ditempuh agar bisa masuk ke pasar Internasional. Tetapi yang perlu diingat adalah kita perlu memastikan kualitas produk adalah kualitas Internasional agar tetap laku dan laris manis.

  • usaha di sekitar kita. Jika di sekitar usaha kita sudah ada usaha sejenis, kita harus mengkaji ulang produk. Jangan sampai merugi karena sudah ada produk serupa di wilayah yang diinginkan. Kaji ulang dan temukan pasar yang lain yang bisa menerima produk kita dengan lebih baik. Banyaknya pesaing akan mengakibatkan produk kurang terjual, bahkan yang mengerikan adalah tidak terjualnya produk. Tetapi jangan pernah takut untuk mencobanya. Kita harus memastikan produk mempunyai karakteristik tersendiri sehingga layak jual dan mampu bersaing dengan produk yang sudah ada.

b.      Melihat Peluang Pasar
Wirausahawan seharusnya dalam proses pengambilan keputusan harus didasari atas informasi terbaik yang dikumpulkan.
Informasi pasar berfungsi :
untuk menemukan pasar baru yang dapat dimasuki
menemukan pelanggan baru dalam pasar yang ada sekarang
mengetahui produk-produk baru yang mempunyai potensi untuk dikembangkan pada masa yang akan datang
Selain itu, informasi pasar juga menyediakan data yang dibutuhkan pada waktunya untuk :
Mengurangi risiko usaha.
Mengurangi persoalan dan masalah potensial pada usaha anda saat ini.
Mengenal peluang pasar yang baru.
Memperoleh informasi dan fakta tentang usaha untuk dimanfaatkan dalam membuat keputusan dan rencana tindak yang lebih realistis.

c.       Memanfaatkan Peluang Pasar
Wirausaha yang kreatif adalah wirausha yang cepat menangkap peluang yang muncul dari suatu kondisi lingkungan disekitanya, yang tidak pernah melewatikan waktunya dengan sia-sia.
Pemanfaatan peluang usaha Orang yang kreatif tidak akan ikut dalam deretan jenjang pencari kerja, karena dia sendiri yang akan menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendirinya dan bahkan orang lain. Misalnya:
  1. Memanfaatkan barang bekas contohnya, sedotan dibuat bunga, bulu ayam menjadi lukisan dan perca menjadi kaset dan sebagainya.
  2. Memanfaatkan barang yang disediakan oleh alam contohnya, membuat kerajinan dari tanah liat dijadikan gerabah dan sebagainya.
  3. Memanfaatkan kejadian/ peristiwa yang ada contohnya, berjualan aneka minuma seperti es buah /kelapa, es teller pada musim kemarau dan sebagainya.

Seorang yang berjiwa dinamis adalah orang yag mampu melihat lingkngan sebagai sesuatuyang bergolak dan senantiasa berubah sebagai suatu tren dari masyarakat yang tidak terduga. Apabila kita mampu memanfaatkan dengan baik maka kondisi tersebut akan menjadi suatu peluang usaha bagi kita. Sehingga orang yang mau bekerja keras, ulet, percaya pada kemampuan sendiri, kreatif dan inovatif akan lebih mudah menemukan peuang usaha yang ada. Jika peluang digali dengan baik maka akan membuahkan hasil yang memuaskan.
Untuk menggali peluang usaha atau bisnis, setiap orang harus berpikir secara positif dan kreatif yaitu :
  • Harus percaya dan yakin bahwa usahanya bisa dilaksanakan.
  • Mau menerima gagasan baru dalam dunia bisnis.
  • Bersedia mendengarkan saran dari orang lain.
  • Mempunyai etos kerja yang tinggi.
  •  Pandai dan trampil, berkomunikasi.
  • Sering bertanya pada diri sendiri.
Inovasi adalah suatu temuan baru yang menyebabkan berdaya gunanya suatu produk atau jasa ke arah yang lebih produktif. Beberapa faktor yang mendorong untuk melakukan inovasi dalam usaha antara lain keinginan untuk berprestasi, adanya sifat penasaran atau keinginan untuk menanggung resiko , faktir pendidikan, pengalaman dan adanya peluang.
Adapun tujuan mengadakan inovasi dalam usaha adalah sebagai berikut :
a. Untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan masyarakat.
b. Untuk menyesuaikan selera masyarakat.
c. Untuk menyesuaikan perkembangan teknologi.
d. Untuk menari konsumen.

Inovasi baru dibidang produk dan jasa pada saat ini dihadapkan pada tiga pilihan berikut :
  1. Produk atau jasa yang abru dapat ditempatkan pada salah satu pasaran yang sesuai dengan minat konsumen.
  2. Produk atau jasa yag dirancang secara baru dan model baru dapat ditempatkan ditengah-tengah pasar serta disesuaikan dengan daya beli konsumen.
  3.  Produk atau jasa baru dapat ditampilkan dengan tujuan dapat merebut dan memanfaatkan peluang usaha.
Sumber :
http://ekanurdianaa.wordpress.com/2013/10/20/melihat-membaca-dan-memanfaatkan-peluang-pasar-perekonomian/ 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar